Minggu, 31 Maret 2019

KAITAN PENGENDALIAN MUTU PROYEK DENGAN WAKTU,BIAYA, KUALITAS


KAITAN PENGENDALIAN MUTU PROYEK DENGAN 
WAKTU,BIAYA, KUALITAS


Manajemen proyek adalah salah satu cara yang ditawarkan untuk maksud pengelolaan suatu proyek, yaitu suatu metode pengelolaan yang dikembangkan secara ilmiah dan intensif sejak pertengahan abad ke-20 untuk menghadapi kegiatan khusus yang berbentuk proyek.
Manajemen proyek adalah usaha pada suatu kegiatan agar tujuan adanya kegiatan tersebut dapat tercapai secara efisien dan efektif. Efektif dalam hal ini adalah dimana hasil  penggunaan sumber daya dan kegiatan sesuai dengan sasarannya yang meliputi kualitas, biaya, waktu dan lain-lainnya. Sedangkan efisien diartikan penggunaan sumber daya dan pemilihan sub kegiatan secara tepat yang meliputi jumlah, jenis, saat penggunaan sumber lain dan lain-lain. Oleh sebab itu manajemen proyek pada suatu proyek konstruksi merupakan suatu hal yang tidak dapat diabaikan begitu saja, karena tanpa manajemen suatu proyek, konstruksi akan sulit berjalan sesuai dengan harapan baik berupa biaya, waktu maupun kualitas
Manajemen proyek meliputi proses perencanaan  kegiatan, pengaturan ,pelaksanaan dan pengendalian Proses perencanaan, pengaturan, pelaksanaan dan pengendalian tersebut dikenal dengan proses manajemen

Setiap proyek tentu diharapkan bisa berjalan dengan baik dan mencapai hasil sesuai perencanaan. Untuk proyek-proyek yang merupakan pesanan konsumen, tentunya pihak kontraktor ingin agar proyek mencapai hasil sesuai harapan konsumen. Namun tak bisa dipungkiri ada beberapa hal tak terduga yang bisa saja terjadi dan proyek yang sedang dikerjakan tidak berjalan sesuai dengan perencanaan. Untuk mencegah hal itu, dibutuhkan pengendalian mutu proyek.
Pengendalian mutu proyek dapat dikerjakan oleh sebuah tim yang dikepalai oleh seorang manager. Sebelum proyek dimulai, tim hendaknya sudah dibentuk dan dilakukan penunjukan untuk mengepalai tim. Orang yang ditunjuk untuk menjadi manager harus disetujui oleh pemberi proyek. Manager pengendalian mutu ini nantinya akan melaporkan pekerjaan-pekerjaannya secara langsung kepada manager proyek.
Pengendalian mutu dalam sebuah proyek terdiri dari tiga langkah utama yakni perencanaan mutu, pengendalian mutu, dan peningkatan kualitas.
  • Pada langkah perencanaan mutu dilakukan identifikasi terhadap kebutuhan konsumen, kemudian dibuatlah rancangan proyek yang sesuai kebutuhan konsumen dan rancangan proses pembuatan proyek sesuai dengan rancangan proyek.
  • Pada langkah pengendalian mutu, dilakukan identifikasi faktor-faktor yang harus diperhatikan, mengembangkan metode pengukuran mutu, mengembangkan standar, dan mengembangkan alat pengendalian mutu.
  • Pada langkah peningkatan kualitas, dilakukan tindakan yang diperlukan bila terjadi ketidaksesuaian antara kondisi standar dan kondisi aktual di lapangan. Tindakan ini bisa berupa penyesuaian ataupun perbaikan.

Tim pengendalian mutu sebaiknya juga memiliki pedoman teknis pengendalian mutu yang disusun dengan cermat dan tentunya disepakati bersama. Adapun pedoman teknis pengendalian mutu ini berisi latar belakang dan pengertian pengendalian mutu dalam proyek, prosedur pengendalian mutu, strategi pengendalian mutu, sasaran pengendalian mutu, metodologi yang digunakan, tahapan pengendalian mutu, dan evaluasi kinerja. Pedoman teknis pengendalian mutu ini dapat dilengkapi pula dengan bagan atau skema alur pengendalian mutu dan alur pelaporan pengendalian mutu.

Metode Pengendalian Mutu

Berhasil atau gagalnya sebuah proyek sangat bergantung pada peran pengendalian dan pengawasan. Sebuah proyek yang sedang berjalan pasti akan mengalami penyimpangan atau perbedaan dari rencana yang sudah ditetapkan. Disinilah dibutuhkan campur tangan pengendalian dan pengawasan proyek.
Ada pun metode yang bisa digunakan untuk mengendalikan mutu suatu proyek bisa disesuaikan dengan jenis proyek dan kualitas yang diinginkan. Secara umum, ada 3 metode yang sering dipakai dalam pengendalian mutu suatu proyek.
  1. Pemeriksaan dan Pengkajian
Pemeriksaan dan pengkajian dilakukan terhadap gambar konstruksi proyek, rancangan pembelian peralatan dan perlengkapan, model proyek, dan perhitungan desain.
  1. Inspeksi dan Pemeriksaan Peralatan
Melakukan pemeriksaan dan melakukan uji coba untuk memastikan peralatan-peralatan yang digunakan dalam proyek bisa berfungsi dengan baik. Pemeriksaan bisa dilakukan saat peralatan baru saja diterima dari hasil pembelian. Pemeriksaan juga perlu dilakukan ketika instalasi peralatan sedang dikerjakan dan setelah instalasi selesai.
  1. Melakukan Pengujian Dengan Sampling
Pengujian dengan sampling dapat dilakukan untuk memastikan kualitas material sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Pengujian dengan sampling perlu dilakukan dengan berpegang pada beberapa prinsip yakni tepat waktu, efektif dan efisien, serta dapat dipertanggungjawabkan.
Pengujian sampling harus dilakukan tepat waktu supaya hasilnya bisa dimanfaatkan dengan 

maksimal untuk memberikan masukan-masukan bagi perbaikan kualitas proyek, khususnya pada bagian-bagian yang belum menyelesaikan pekerjaannya pada tahapan tertentu. Pengujian sampling harus dikerjakan dengan efektif dan efisien baik dari metode maupun instrumen yang digunakan supaya bisa mencapai titik-titik penting yang dapat memberikan gambaran umum pencapaian pelaksanaan proyek. Pengujian sampling tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan secara jujur dan objektif, karena itu harus jelas pula metode yang digunakan, titik uji sampling yang diambil dan sasaran uji sampling.

Dokumen-dokumen Untuk Pengendalian Mutu
Dalam melaksanakan pekerjaan pengendalian mutu proyek dibutuhkan beberapa dokumen penting. Dokumen-dokumen ini menjadi acuan pengerjaan proyek sehingga pelaksanaan proyek dan hasil akhirnya sesuai dengan perencanaan. Adapun dokumen-dokumen tersebut meliputi:
  • Spesifikasi teknis
Spesifikasi teknis berisikan uraian yang disusun dengan lengkap dan jelas mengenai suatu proyek yang hendak dikerjakan sehingga bisa mencapai harapan semua pihak yang terlibat di dalamnya.
  • Gambar kerja
Gambar kerja adalah gambar acuan yang dipakai untuk mewujudkan ide rancangan ke dalam bentuk fisik. Oleh karena itulah, setiap pihak yang terlibat dalam proyek harus bisa memahami gambar kerja yang telah dibuat. Gambar kerja yang benar-benar akurat dan detail akan sangat membantu mewujudkan sebuah proyek dengan tepat.
Gambar kerja yang dibuat oleh seorang arsitek dilengkapi pula dengan spesifikasi dan syarat teknik pengerjaan proyek yang lengkap, jelas dan teratur serta perkiraan biaya proyek dan perhitungan kuantitas proyek. Jika gambar kerja sudah diperiksa dan disetujui, barulah gambar kerja ini bisa digunakan dalam pengerjaan sebuah proyek.
  • Rencana mutu kontrak
Dokumen ini merupakan pedoman jaminan mutu dalam pelaksanaan sebuah proyek. Dokumen ini digunakan untuk memastikan bahwa hasil akhir proyek sesuai dengan syarat-syarat teknis yang dicantumkan dan telah disepakati di dalam kontrak. Dokumen Rencana Mutu Kontrak atau RMK memang secara khusus dibuat untuk menentukan arah pengendalian proses pelaksaaan proyek sehingga didapat proyek yang berkualitas sesuai dengan harapan.
  • Dokumen administrasi
Memang ada begitu banyak dokumen administrasi yang menyertai sebuah proyek. Khususnya untuk pengendalian mutu proyek, dokumen yang dibutuhkan antara lain hasil uji lapangan, request work dan catatan-catatan.
  • Instruksi teknis
Dokumen ini disusun untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pengerjaan suatu proyek. Dokumen ini berisi petunjuk suatu proses kerja yang harus dikerjakan oleh tim-tim kerja atau kelompok-kelompok yang terlibat dalam proyek.
Pengendalian Langsung

Pengendalian mutu proyek bukanlah pekerjaan yang hanya dilakukan di belakang meja. Tim pengendalian mutu juga turun langsung ke lapangan. Metode pengendalian secara langsung di lapangan dilakukan untuk mengamati proses pengerjaan yang sebenarnya terjadi di lapangan. Pengendalian langsung terhadap pelaksanaan sebuah proyek dapat diatur dengan tata cara berikut ini.
  • Pemantauan atau monitoring
Kegiatan pemantauan dilakukan dengan kunjungan ke masing-masing bagian proyek. Kunjungan ini untuk melakukan sampling pengendalian mutu tentang pelaksanaan proyek, penyiapan peralatan dan media yang dibutuhkan, serta penggunaan anggaran biaya yang telah ditetapkan.
  • Supervisi
Supervisi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memastikan satu tahapan pada proyek telah berjalan sesuai dengan mekanisme atau pedoman yang telah ditetapkan.
  • Penguatan kapasitas pengerjaan
Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong tingkatan pencapaian pekerjaan berdasarkan batasan-batasan waktu yang telah disepakati. Selain itu, kegiatan penguatan kapasitas ini juga dilakukan untuk mendorong meningkatnya kinerja sesuai dengan tugas, fungsi dan tanggung jawab masing-masing bagian pada pengerjaan proyek.

Nah, dari uraian ini terlihat jelas pentingnya pengendalian mutu proyek terhadap keberhasilan sebuah proyek. Dengan memahami dan mempersiapkan pengendalian mutu proyek, maka sebuah proyek bisa dibilang sudah ada di jalan yang tepat untuk mencapai keberhasilan dan kualitas proyek yang sesuai dengan harapan.


TINJAUAN MUTU (QUALITY) DAN PENGELOLAAN MUTU (QUALITY MANAGEMENT)
Dalam arti yang luas “mutu” atau “kualitas” bersifat subyektif. Suatu barang yang amat bermutu bagi seseorang belum tentu bermutu bagi orang lain. Oleh karena itu, dunia usaha dan industri mencoba memberikan batasan yang dapat diterima oleh kalangan yang berkepentingan, misalnya ISO 8402 (1986):[1]
“Mutu adalah sifat dan karakterisk produk atau jasa yang membuatnya memenuhi kebutuhan pelanggan atau pemakai (customers).”
Sementara definisi lain untuk mutu yang sering diasosiasian dengan proyek adalah fitness for use. Istilah ini disamping mempunyai arti seperti yang diuraikan diatas, juga memperhatikan masalah tersediaya produk, kehandalan dan masalah pemeliharaan.
Definisi diatas tentunya akan sangat bervariasi tergantung pada masing-masing bidang usaha maupun industri. Akan tetapi secara umum ada 4 (empat) spektrum mutu/kualitas yakni kualitas perencanaan (quality planning), pemantauan kualitas (quality control), jaminan kualitas (quality assurance) dan pengembangan kualitas (quality improvement).[2]
Manajemen mutu/kualitas mengadopsi beberapa prinsip-prinsip manajemen[3], yang dapat diterapkan pada puncak manajemen perusahaan untuk menjadi pedoman bagi organisasi dalam mengembangkan kinerja organisasi. Beberapa prinsip tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Fokus pada keinginan konsumen (customer focus)
Suatu perusahaan dapat menjaga dan mengembangkan konsumennya, bilamana perusahaan dapat mengerti dan memahami tuntutan dan kebutuhan konsumen saat ini dan mendatang, sehingga berusaha memenuhi kebutuhan dan mencoba memenuhi ekspetasi konsumen adalah kuncinya.
  1. Kepemimpinan (Leadership)
Para pemimpin dalam setiap unit dalam suatu organisasi perusahaan (penyedia jasa konstruksi) menyiapkan dan diarahkan untuk mengembangkan budaya kualitas. Mereka harus dapat mengkreasikan dan memelihara budaya kualitas dalam setiap lingkungan internal yang dipimpinnya, mendorong setiap anggota timnya untuk mencapai tujuan perusahaan yakni pencapaian target kualitas/mutu pekerjaan, dan dalam hal ini mencapai mutu/kualitas pekerjaan konstruksi.
  1. Pengembangan Individu (Involvement of people)
Setiap individu baik karyawan maupun pemimpin pada setiap level perusahaan jasa konstruksi harus memahami budaya manajemen kualitas. Setiap individu harus berusaha mengembangkan segala kemampuan dan kemungkinan yang dapat digunakan bagi keuntungan perusahaan.
  1. Pendekatan proses (Process approach)
Hasil yang buruk dapat dikurangi bila setiap aktivitas dan kebutuhan sumber daya (manusia, material/bahan/alat, waktu) dikelola dalam suatu organisasi perusahaan sebagai suatu proses.
  1. Pendekatan Sistem Pada Manajemen (System approach to management)
Suatu organisasi perusahaan dapat efektif dan efisien dalam mengembangkan target dan tujuan mutu/kualitas yang merupakan kontribusi dari tahap identifikasi, pemahaman dan pengelolaan semua proses yang saling terkait sebagai suatu sistem.
  1. Terus Berkembang (Continual improvement)
Salah satu target tujuan kualitas/mutu secara permanen dari suatu organisasi adalah terus mengembangkan kinerja pencampaian mutu semua aktivitasnya.
  1. Perumusan Keputusan Berdasarkan Pendekatan Fakta (Factual approach to decision making)
Keputusan-keputusan yang efektif adalah beranjak dari dari analisis data dan informasi yang benar.
  1. Membangun Hubungan yang Saling Menguntungkan dengan Suplier (Mutually beneficial supplier relationships)
Sejak hubungan antara suatu perusahaan (penyedia jasa konstruksi) dan supliernya adalah interdependent, maka perlu dikembangkan hubungan yang saling menguntungkan diantara keduanya untuk memungkinkan pengembangan meningkatkan value keduanya.
8 (delapan) prinsip dasar ini berbasis pada Quality Management System (QMS) standard dalam ISO 9001:2008.[4]
Pengelolaan mutu (Quality Management) bertujuan mencapai persyaratan mutu proyek pada pekerjaan pertama tanpa adanya pengulangan (to do right things right the first time) dengan cara-cara yang efektif dan ekonomis. Pengelolaan mutu proyek konstruksi merupakan unsur dari pengelolaan proyeks secara keseluruhan, yang antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Meletakan dasar filosofi dan kebijakan mutu proyek
  2. Memberikan keputusan strategis mengenai hubungan antara mutu, biaya dan jadwal
  3. Membuat program penjaminan dan pengendalian mutu proyek (QA/QC)
  4. Implementasi Program QA/QC.
Gambar 1 memperlihatkan hubungan dan pembentukan program QA perusahaan, program QA Proyek, dan QC proyek yang merupakan unsur-unsur pengelolaan mutu proyek.
Sumber     : Soeharto Iman, “Manajemen Proyek: Dari Konseptual sampai Operasional”, Editor Yati Sumiharti, Cet.3 Jakarta Erlangga, 1997.

Gambar 1. Program QA/QC Proyek


Perlu juga dipahami bahwa penanganan masalah mutu dimulai sejak awal sampai proyek dinyatakan selesai. Pada priode tersebut penyelenggaraan proyek dibagi menjadi pekerjaan spesifik, yang kemudian diserahkan kepada masing-masing bidang/unit sesuai keahlian. Jadi semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga kualitas/mutu, bila melaksanakan tugasnya dengan benar dan tepat dari segi mutu. Atau dengan kata lain harus selalu berorientasi kepada mutu.

Penjaminan mutu (QA) adalah semua perencanaan dan langkah sistematis yang diperlukan untuk memberikan keyaknian bahwa instalasi atau sistem yang akan diwujudkan dapat beroperasi secara memuaskan. Sedangkan pengendalian mutu (QC) adalah bagian dari penjaminan mutu yang memberikan petunjuk dan cara-cara untuk mengendalikan mutu material, struktur, komponen atau sistem agar memenuhi keperluan yang telah ditentukan.

Jadi Pengendalian Mutu (QC) meliputi tindakan-tindakan yang berupa: pengetesan, pengukuran dan pemeriksaan apakah kegiatan-kegiatan engineering/konstruksi dan kegiatan lainnya telah memenuhi dan sesuai dengan kriteria yang digariskan. Dalam konstruksi kriteria ini berupa SNI, maupun standar internasional yang berlaku untuk setiap bahan dan pekerjaan konstruksi, misalnya acuan-acuan dalam pelaksanaan konstruksi meliputi sebagai berikut:

NI-2                            Peraturan Beton Bertulang Indonesia (PBI) 1997.
NI-3                            Peraturan umum untuk Bahan Bangunan Indonesia
NI-5                            Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia (PKKI)
NI-8                            Semen Potland
SNI 03-1750-1990           Mutu dan Cara Uji Agregat Beton.
SNI 15-2049-1990           Mutu dan Cara Uji Semen Portland.
SNI 03-2052-1990          Baja Tulangan Beton.
SNI 03-6861.1-2002         Spesifikasi air sebagai Bahan Bangunan.
SNI 03-6883-2002          Spesifikasi Toleransi untuk Konstruksi dan Bahan Beton.

Inspeksi dan pengetesan dilakukan secara konfrehensif, dan dalam konteks ini dimaksudkan dengan inspeksi adalah mengkaji karakteristik obyek dalam aspek mutu, dalam hubungannya dengan suatu standar yang ditentukan, misalnya standar SNI diatas. Dengan tahapan sebagai berikut:


 


PENGENDALIAN BIAYA, MUTU DAN WAKTU

·         KEGIATAN MANAJEMEN PENGELOLAAN DAN PENGENDALIAN PROYEK
·         PENGENDALIAN BIAYA PELAKSANAAN DIPROYEK
·         PENGENDALIAN WAKTU
·         PENGENDALIAN MUTU

PENDAHULUAN
PENGENDALIAN BIAYA, MUTU DAN WAKTU MERUPAKAN BAGIAN YANG UTAMA AGAR SUATU PROYEK DAPAT DISELESAIKAN DENGAN WAKTU YANG TEPAT, BIAYA YANG KOMPETITIF DENGAN MUTU YANG DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN MEMENUHI PERSYARATAN PELANGGAN.

PROSES PENGENDALIAN HASIL PEKERJAAN MERUPAKAN PERSYARATAN STANDAR YANG MENCAKUP :
 URAIAN KAREKTERISTIK HASIL PEKERJAANG  PROSEDUR DAN INSTRUKSI KERJA  PENGGUNAAN PERALATAN YANG SESUAI PERALATAN UKUR YANG DIKALIBRASI  PELAKSANAAN PENGUKURAN DAN PEMANTAUAN  PENYERAHAN DAN PEMELIHARAAN PROYEK.

PENGENDALIAN BIAYA, MUTU DAN WAKTU MERUPAKAN LINGKUP UTAMA SEORANG PELAKSANA DALAM MENJALANKAN PELAKSANAAN PEKERJAAN, GUNA DIPEROLEH HASIL YANG MEMUASKAN BAGI PENGGUNA JASA SESUAI KETENTUAN DAN PERSYARATAN DALAM SPESIFIKASI TEKNIK.

DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI DI PERLUKAN SUATU MEKANISME MANAJEMEN DAN MEKANISME PENGENDALIAN GUNA MENCAPAI EFISIENSI PENYELENGGARAAN PROYEK TEPAT MUTU, BIAYA DAN WAKTU YANG MENCAKUP ASPEK TEKNIS DAN ADMINISTRATIF.

KEGIATAN MANAJEMEN PENGELOLAAN DAN PENGENDALIAN  KEGIATAN TERSEBUT MERUPAKAN SUATU UKURAN KEBERHASILAN APABILA MUTU PRODUK AKHIR DICAPAI SESUAI DENGAN PERENCANAAN TEKNIS DAN SESUAI KORIDOR WAKTU YANG TELAH DISEPAKATI SEJAK DITERAPKANNYA SPMK SAMPAI FHO  TAHAPAN DARI KEGIATAN TERSEBUT MELIPUTI :
 1. PERSIAPAN DOKUMEN
2. RENCANA PELAKSANAAN PROYEK
3. PERSIAPAN FISIK LAPANGAN
4. PROSES PEMBAYARAN
5. PENYESUAIAN/ PERUBAHAN BIAYA
6. PERSELISIHAN
7. SERAH TERIMA


PENGEDALIAN BIAYA PELAKSANAAN

 SECARA KONSEPTUAL PENGENDALIAN BIAYA TERFOKUS PADA KONDISI RENTABILITAS DAN LIKUIDITAS AGAR PERIMBANGAN PENDAPATAN DAN BIAYA PROYEK TETAP TERJAGA.
DILIHAT DARI SUDUT RENTABILITAS DAN LIKUIDITAS KONDISI PROYEK DIBAGI DALAM 4 (EMPAT) KELOMPOK :
1. RENTABILITAS BAGUS DAN LIKUIDITAS BAGUS.
2. RENTABILITAS BAGUS DAN LIKUIDITAS JELEK.
3. RENTABILITAS JELEK DAN LIKUIDITAS BAGUS.
4. RENTABILITAS JELEK DAN LIKUIDITAS JELEK.

BESAR KECILNYA MODAL YANG DIPERLUKAN DALAM SUATU PROYEK DIPENGARUHI OLEH BEBERAPA HAL, ANTARA LAIN :
1. PERSYARATAN PEMBAYARAN YANG DIATUR DALAM KONTRAK.
2. KEBIJAKAN OPERSIONAL (PELAKSANAAN KEGIATAN PROYEK).






GRAFIK PENERIMAAN

GRAFIK BIAYA

PENGERTIAN DAN MAKSUD PENGENDALIAN BIAYA PELAKSANAAN

SEMUA UPAYA/ USAHA YANG DILAKUKAN, AGAR BIAYA PELAKSANAAN PROYEK MENJADI WAJAR, MURAH DAN EFISIEN SESUAI RENCANA DAN ATAU HASIL EVALUASI YANG DILAKUKAN
PENGENDALIAN BIAYA PELAKSANAAN PROYEK TERKAIT ERAT DAN SANGAT DIPENGARUHI OLEH :
 1. PENGENDALIAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK
2. PENGENDALIAN MUTU DAN HASIL PELAKSANAAN PROYEK
 3. PENGENDALIAN SISTEM MANAJEMEN OPERASIONAL PROYEK YANG BERSANGKUTAN YANG KURANG BAIK ATAU TIDAK KONSISTEN DALAM PELAKSANAAN PENAMBAHAN BIAYA

2 CARA TINDAKAN PENGENDALIAN YANG DILAKUKAN, YAITU :

1. CARA LANGSUNG DENGAN MELAKUKAN :
 - PENINJAUAN
 - PENGAWASAN
 - PEMERIKSAAN
 - AUDIT
2. CARA TIDAK LANGSUNG
 - DOKUMEN PROYEK
 - MELALUI RENCANA ARUS KAS PROYEK
 - DOKUMEN KONTRAK DAN SPESIFIKASI TEKNIK
 - PROSEDUR DAN INSTRUKSI KERJA
 - LAPORAN-LAPORAN PROYEK


RENCANA ANGGARAN PELAKSANAAN (RAP) PROYEK :

HASIL ESTIMASI / PERKIRAAN BIAYA-BIAYA PROYEK YANG MERUPAKAN SALAH SATU DOKUMEN KELENGKAPAN SEBAGAI ACUAN / PEDOMAN OPERASI PELAKSANAAN PROYEK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN :
- PENGALAMAN ATAU REFERENSI DAN REALISASI PENGELOLAAN PROYEK YANG LALU
 - HASIL OBSERVASI ULANG ARUS DATA SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN DAN LOKASI / MEDAN KERJA
 - KEBIJAKSANAAN PERUSAHAAN
- KESEPAKATAN

TUJUAN DIBUATNYA RAP
 SEBAGAI SARANA ACUAN / PEDOMAN DALAM PENGELOLAAN HASIL USAHA PROYEK
  SEBAGAI TOLOK UKUR ATAU SARANA PENILAIAN ATAS KESUKSESAN PARA PERSONIL YANG BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP HASIL USAHA
  SEBAGAI SARANA MEMONITOR DAN MENGEVALUASI PENGELOLAAN OPERASIONAL DAN HASIL USAHA PROYEK TERSEBUT.

PRINSIP DALAM PEMBUATAN RAP
 1. RAP HANYA MEMPERHITUNGKAN.
   - PENDAPATAN (RENCANA PENDAPATAN YANG DIPERHITUNGKAN) BUKAN PEMBAYARAN YANG      DITERIMA)
 - BIAYA (RENCANA BIAYA YANG DIPERHITUNGKAN) BUKAN PEMBAYARAN YANG DIKELUARKAN
2. RAP DIBUAT DENGAN BERORIENTASI PADA PROFIT DAN EFISIENSI.





PENGENDALIAN WAKTU
MERUPAKAN BAGIAN YANG UTAMA AGAR PROYEK DAPAT DISELESAIKAN DENGAN WAKTU YANG TEPAT SESUAI YANG DIRENCANAKAN.

TAHAP DAN KENDALI MUTU
1.      TAHAP PERSIAPAN
2.      TAHAP ANALISIS
3.      TAHAP PENJADWALAN PEKERJAAN

2 (DUA) KEMUNGKINAN PENYEBAB TERLAMBAT MENYELESAIKAN PROYEK DARI JADWAL YANG DITENTUKAN YAITU : 
1.      ADANYA HALANGAN ATAU KEJADIAN DILUAR PERHITUNGAN DAN PERTIMBANGAN DALAM PELAKSANAAN WAKTU PROYEK
2.      PROGRAM KERJA DAN PENGENDALIANn PELAKSANAAN PROYEK OLEH KONTRAKTOR TIDAK BERJALAN SEBAGAIMANA MESTINYA

PENGENDALIAN MUTU
 PENGENDALIAN MUTU MERUPAKAN BAGIAN UTAMA AGAR PROYEK DAPAT DISELESAIKAN DENGAN MUTU YANG DAPAT DIPERTANGGUNG JAWABKAN MEMENUHI PERSYARATAN PELANGGAN TERDIRI DARI :
1.      PRINSIP PENGENDALIAN MUTU
2.      . PROSEDUR PENGENDALIAN MUTU

 PRINSIP PENGGENDALIAN MUTU UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN SALAH SATU DARI TIGA SASARAN UTAMA MANAJEMEN PROYEK YAITU TEPAT MUTU, TEPAT BIAYA DAN TEPAT WAKTU
SEBAGAI USULAN PENGAWASAN DAN TINDAK TURUN TANGAN TERHADAP PELAKSANAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI AGAR MEMENUHI PERSYARATAN TEKNIS YANG TELAH DITETAPKAN DIDALAM DOKUMEN KONTRAK


3 (TIGA) JENIS PENGENDALIAN
1.      PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU
2.      PENGENDALIAN MUTU BAHAN OLAHAN
3.      PENGENDALIAN MUTU HASIL PEKERJAAN


TERIMAKASIH

KAITAN PENGENDALIAN MUTU PROYEK DENGAN 
WAKTU,BIAYA, KUALITAS




DAFTAR PUSTAKA


Sumber :        https://ecodrain.wordpress.com/2015/03/13/manajemen-  kualitas dalam-                                  proyek-konstruksi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARAKTERISTIK PESAWAT UDARA T5

di susun oleh moh. syafril imam PESAWAT UDARA Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersa...